Tuesday, December 27, 2016

Putra-putri Rasulullah SAW

Kita sebagai umat islam mungkin tidak pernah tahu berapa anak yang pernah dimiliki oleh Rasulullah dari istri-istri beliau:
1.Al-Qasim
Putra Muhammad saw dari Khadijah.Ia dijuluki at-tahir.Setelah kelahiran Al-Qasim,Rasulullah sering dipanggil Abu Qasim,terutama oleh istrinya,Khadijah.Al-Qasim meninggal saat masih kecil,ketika zaman masih jahiliyah.
2.Abdullah
Putra Rasulullah dari Khadijah.Ia dijuluki at-tayyib.Ia juga meninggal saat masih kecil,ketika zaman masih jahiliyah.Juga tak ada peninggalan yang patut dicatat tentang Abdullah,Kematian Ai-Qasim dan Abdullah meninggalkan kesedihan mendalam di hati Rasulullah dan istrinya.
3.Zainab (wafat 8 H)
Putri sulung Rasulullah.Ia dipersunting oleh Abu'l-'ash bin'r-rabi'bin'abd syams.Ibunda Abu'l-'ash masih bersaudara dengan Khadijah.Ia seorang pemuda yang dihargai masyarakat karena kejujuran dan kesuksesannya dalam berniaga.Dari perkawinan ini,Zainab mendapatkan dua orang anak,yang perempuan bernama Umamah dan yang laki-laki bernama Ali.Ketika Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul,Zainab pun mengajak suaminya memeluk islam,tapi ditolak olehnya,sementara Zainab sendiri telah beriman,mengikuti sang ayah.Hingga kemudian islam mengharuskan Zainab hijrah dari Makkah ke Madinah.Zainab pun berpisah dengan sang suami karena sang suami tak mau ikutu ke Madinah.Saat meletus perang badar,pada 17 Ramadhan tahun 2,atau 13 maret 624,Abul'ash ikut mengangkat senjata bersama-sama kaum musyrikin Makkah melawan RAsulullah dan umat islam.Dalam perang tersebut,kaum musyrikin kalah dan Abu'l ash tertawan.Saat itulah,Rasulullah meminta kepadanya untuk menceraikan Zainab.Abu'l ash meluluskan permintaan ini dan bercerailah pasangan itu.Beberapa waktu kemudian,Abu'l ash mendapat hidayah .Dia masuk islam hingga akhir hayatnya.Pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar,Abu'l ash kembali menikah dengan Zainab secara islami.
4.Ruqaiah (wafat 2 H)
Putri kedua Rasulullah dari Khadijah.Ia dipersunting oleh Utbah bin Abu Lahab sewaktu masa jahiliyah.Ruqaiah lalu dicerai oleh Utbah atas perintah ayahnya Abu Lahab.Ruqaiah memeluk islam bersama ibunya,Khadijah.Kemudian,dia dikawini oleh Usman bin Affan,khalifah ketiga,dan ikut bersama suaminya hijrah ke Abessina (sekarang Eriteria).Setelah itu mereka kembali ke Madinah dan menetap disana.Dari perkawinannya dengan Usman,Ruqaiah dianugerahi seorang putra bernama Abdullah.Ruqaiah meninggal di Madinah pada tahun ke-2 Hijriah.
5.Ummi Kultsum (wafat 9 H)
Putri ketiga Rasulullah dari Khadijah.Ia dipersunting oleh Utaibah bin Abu Lahab pada masa jahiliah.Sama seperti kakaknya,Ruqaiah,Ummi Kultsum pun dicerai oleh Utaibah atas perintah Abu Lahab setelah turunnya Al-qur'an surat Al-Lahab ayat 1:"Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dai juga akan binasa."
Lalu,setelah Ruqaiah wafat pada tahun 2 H,Usman bin Affan menikahi Ummi Kultsum.Karena telah menikah dengan dua putri Rasulullah,Usman bin Affan digelari Zun Nuraini,yang artinya"memiliki dua cahay."setelah menikah ,Usman mengajak istrinya hijrah ke Madinah.Ummi Kultsum meninggal di Madinah pada tahun ke 9 Hijriah.
6.Fatimah (wafat 11 H)
Putri bungsu Rasulullah dari Khadijah.Dia lahir delapan tahun sebelum hijrahnya Muhammad ke Madinah.Sifat-sifat Fatimah mirip sekali dengan ayahnya.Karena itu,Rasulullah sangat mencintai Fatimah,melebihi putri-putrinya yang lain.
Fatimah menikah dengan Ali bin Abu Thalib pada usia 18 tahun.Dari perkawinan ini lahirlah lima orang anak,yakni Hasan,Husein,Muhsin,Ummi Kultsum dan Zainab.
Hasan,putra pertama fatimah,lahir pada tahun ketiga hijriah dan meninggal pada tahun ke 50 hijriah di Madinah.Tubuh dan parasnya mirip dengan Rasulullah.Dia diangkat sebagai khalifah sepeninggal ayahnya.
Husein,putra kedua Fatimah ,lahir pada tahun ke empat hijriah.Ia terbunuh dalam perang Karbala,10 Muharam 61 H (680 M) karena tak mau membaiat Yazid.Sedang Muhsin meninggal dunia sewaktu kecil.
Adapun Ummi Kultsum (wafat 75 H),setelah dewasa,menikah dengan Umar bin Khatab dan mempunyai anak bernama Zaid dan Ruqaiah.
Fatimah meninggal 6 bulan setelah wafatnya Rasulullah,pada usia 28 tahun,Ia dimakamkan oleh Ali suaminya,di Jaat ul Baqih,Madinah.
10.Ibahim (wafat 10 H)
Ia putra Rasulullah dari Mariah Qibtiah binti Syam'un (wafat 16 H/637M),seorang wanita asal Mesir yang dihadiahkan oleh Muqauqis,penguasa Mesir,kepada Rasulullah pada tahun 7 H,lalu dinikahi Rasulullah.
Ketika anaknya lahir dari rahi Mariah,Rasulullah langsung memberinya nama Ibrahim.Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,"Dilahirkan untukku,pada malam ini,seorang putra,lalu saya memberikan nama baginya,nama ayahku,Ibrahim."Hadist ini kemudian dipakai oleh sebagian ulama untuk menganjurkan memberi nama anak persis setelah kelahiran.
Ibrahim hanya hidup selama 18 bulan.Pada saat Ibrahim meninggal terjadilah gerhana matahari.Orang-orang yang melihat fenomena ini langsung mengait-ngaitkannya dengan kematian putra Rasulullah tersebut.Maka Rasulullah segera berkata,"Sesungguhnya gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena kematian atau kelahiran seseorang,akan tetapi keduanya termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah.Dengannya,Allah memperingatkan hamba-hambaNya." (HR Al Bukhari dan An Nasa'i)


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *