Saturday, December 24, 2016

Belajar sedekah dari lebah

 Tahukah anda bahwa ternyata lebah hanya mengambil 10% dari madu yang diproduksinya untuk
kebutuhan mereka sendiri,sedangkan 90% hasil produksi mereka disedaekahkan untuk pihak lain?
Dan siapakah pihak lain yang mengambil 90% dari hasil produksi mereka?
Ya,kita manusia adalah penerima sedekah dari lebah itu.Lebah memang diciptakan Allah untuk melayani manusia,sehingga patutlah kita bersyukur atas fasilitas yang Allah berikan melalui lebah ini
Selain madu,ada manfaat lain yang bisa kita petik dari fenomena lebah tersebut,yakni pelajaran tentang berbagi (bersedekah).
Ibarat seorang pekerja yang bekerja keras setiap hari,hingga memperoleh penghasilan yang begitu berlimpah,namun pekerja tadi hanya mengambil 10% dari pendapatannya,sedangkan 90%nya mereka berikan kepada pihak lain.
Mampukah kita sendiri melakukan hal itu?adakah diantara kita yang mau dan mampu berbagi 90% dari apa yang kita dapatkan?Mungkin belumlah kita sampai seperti itu keridhaannya untuk berbagi.
Tapi salah satu sahabat Rasulullah pernah melakukan tindakan sehebat lebah.Dialah Abu bakar Radhiyallahu'anhu yang pernah menginfakkan seluruh hartanya dalam perjuangan dijalan Allah.
Mari kita meniru azas manfaat dari lebah agar kita menjadi manusia yang lebih banyak memikirkan orang lain dan berbagi kepada orang lain.Insya Allah itu semua menjadikan kita justru semakin bahagia,sehat dan kaya.
Sumber:Dr.Zaidul akbar

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *