Thursday, December 22, 2016

Maksiat

Maksiat adalah lawan dari taat,istiqomah dan takwa.Sikap wara adalah berhati-hati dari berbuat maksiat,Perbuatan maksiat sangat banyak ragam dan macamnya.
Melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah terhitung sebagai maksiat.Demikian pula meninggalkan perkara yang diperintah dan diwajibkan oleh Allah juga dianggap sebagai maksiat.Maka perbuatan dusta,ghiba,mengadu domba,mencuri,berzina,minum khomer,membunuh jiwa yang diharamkan Allah,sihir,makan riba,makan harta anak yatim,durhaka kepada kedua orang tua,berjudi dan lain sebagainya semua itu terhitung sebagai perbuatan maksiat kepada Allah.
Orang yang berbuat maksait adalah orang yang berbuat hal yang sia-sia,orang menyia-nyiakan waktu,yang berbuat jelek,pendosa.orang fasik dan orang yang mencampur aduk amal sholeh dengan amal buruk.Semua kriteria tersebut telah disebut dalam Al-qur'anul Karim.
BIla disebut istilah maksiat kepada Allah dan RasulNya bisa bermakna kufur dan berbuat fasik,demikian Ibnu Taimiyah mengatakan,"Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan RasulNya maka sesungguhnya baginyalah neraka jahanam,mereka kekal di dalamnya selama-lamanya."(Al-Jin:23)
Maksiat yang pertama kali terjadi di langit adalah karena adanya sifat dengki (hasut).Ini adalah maksiatnya iblis ketika ia enggan bersujud kepada Adam as,dan tidak mau melaksankan perintah Allah serta menyombongkan diri,maka dari itu ia dihukumi sebagai golongan yang kafir kepada Allah.
Maksiat yang pertama kali terjadi di bumi adalah maksiat yang dilakukan putra Adam,ketika ia membunuh saudaranya juga terjadi karena sifat dengki.Ketika mereka berdua mempersembahkan qurban untuk Allah,Qurban yang pertama di terima sedangkan qurban yang lain ditolak oleh Allah,maka qurbannya yang ditolak muncul sifat dengki kepada saudaranya yang diterima qurbannya sehingga ia membunuhnya.
Di dalam kitab Al-jawabuk kafi,Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah ,erinci dampak-dampak buruk dari perbuatan dosa dan maksiat terhadap kehidupan seorang hamba baik di dunia maupun di akhirat.Diantaranya;
1.Terhalang untuk mendapatkan keberkahan ilmu.Ilmu adalah cahaya yang dinyalakan Allah di dalam hati seorang hamba,dan maksiat mematikan cahaya tersebut.
2.Kegelisahan yang dirasakan pelaku maksiat di dalam hatinya,dan hilangnya ketenangan dari dalam hati
3.Allah akan mempersulit setiap urusan dalam hidupnya.
4.Menimbulkan sifat lemah baik pada agama dan badannya,sehingga pelaku maksiat terasa berat dan malas untuk melakukan ketaatan.
5.Maksiat menghilangkan keberkahan umur dan melenyapkan kebaikannya.
6.Perbuatan maksiat akan mengundang perbuatan maksiat lainnya,sebagaimana ketaatan akan mengundang ketaatan yang lain.
7.Maksiat akan menghalangi seseorang dari taubat kepada Allah dan pelaku maksiat akan menjadi tawanan bagi syaitan yang menguaasainya.
8.Maksiat yang dilakukan  berulang-ulang akan menanamkan rasa cinta terhadap maksiat itu sendiri di dalam hati,sehingga pelaku maksiat akan merasa bangga dengan maksiat yang dia dilakukan.
9.Maksiat akan menghinakan dan menjatuhkan kedudukan seorang hamba di hadapan Tuhannya.
10.Akibat buruk dari maksiat  akan menimpa semua makhluk;manusia,binatang dan tumbuh-tumbuhan.
11.Maksiat akan melahirkan kehinaan.
12.Maksiat bisa merusak akal pikiran dan menghilangkan kcerdasannya.
13.Maksiat dakan menutup mata hati,menyebabkan kerasnya hati,dan pelakunya dianggap sebagai orang yang lalai.
14.Maksiat mendatangkan laknat Allah dan RasulNya.
15.Maksiat akan menghalangi doa malaikat dan Rasulullah.
16.Maksiat menyebabkan kerusakan,keguncangan,gempa dan musibah.
17.Maksiat bisa mematikan semangat,menghilangkan rasa malu,membutakan mata hati.
18.Maksiat dan dosa bisa melenyapkan nikmat dan mendatangkan bencana.
19.Maksiat dan dosa akan meninggalkan tatanan masyarakat yang rusak ahklak dan agamanya.
Sumber:Hidayatullah


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *