Saturday, October 7, 2017

Tidak boleh meratapi mayat

Abdullah Ibnu Mas'ud r.a. berkata : "Nabi saw. bersabda : Bukan dari golongan kami,orang yang menampar pipi dan merobek-robek pakaian serta menjerit-jerit seperti orang jahiliyah." (HR.Bukhari dan Muslim)
Rasulullah saw menandaskan,bahwa orang yang menampar pipinya,atau merobek-robek bajunya serta meratapi orang yang meninggal dunia,bukanlah dari golongan kaum muslimin,karena perbuatan-perbuatan itu menunjukkan tidak menyerahkan diri kepada ketetapan Allah,alias tidak mau menerima atas takdir Allah.
Yang dimaksud dengan sabda Nabi saw "Bukan dari golongan kami",tidak memberikan pengertian bahwa orang itu keluar dari agama islam.Karena perbuatan maksiat,tidak mengeluarkan seseorang dari agama islam.Atau Nabi saw bermaksud dengan sabdanya itu,ialah menandaskan bahwa orang tersebut,dipandang tidak mau meneladani atau mencontoh Nabi saw dan para sahabatnya dan tidak pula mengikuti sunnahnya.
Adapun yang dimaksud dengan "Da'wal jahiliyah" seruan jahiliyah ialah :meratapi mayat dan meminta kecelakaan serta kebinasaan diri lantaran duka cita yang disebabkan kematian seseorang.Dikehendaki dengan jahiliyah,ialah kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dan berkembang sebelum islam,seperti meratapi orang yang meninggal dunia.
Adapun sebabnya perbuatan-perbuatan itu diharamkan,ialah karena perbuatan-perbuatan itu menunjukkan ketidak relaan dengan takdir Allah.Maka apabila dipandang halal dan diketahui haramnya,yang demikian karena panas hati kepada apa yang telah terjadi,maka orang yang melakukan dipandang keluar dari agama islam.
Hadist ini memberikan pengertian,bahwa manampar-nampar pipi,merobek-robek baju dan menyebut perkataan-perkataan yang biasa disebut orang-orang jahiliyah lantaran kematian seseorang,seperti meraung-raung atau meratapi mayat,hukumnya haram.Dan kalau yang demikian itu dipandang atau dianggap halal (yang melakukan tidak berdosa),maka orang yang berbuat demikian dipandang keluar dari agama islam.
Sumber : H.Imanan

  

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *