Friday, October 20, 2017

Akibat berburuk sangka

Gerak-gerik lelaki dan perempuan yang duduk berduaan ditepian sungai Dajlah memang mencurigakan sekali.Hangat berbincang,akrab bercanda,mesra bahasa tubuhnya.Yang lebih mencurigakan didekatnya teronggok sebuah botol tembikar yang biasa dipakai untuk wadah khamr.
Maka imam para ulama di zamannya,Hasan Al Bashri,menggumam dalam hati ketika berjalan melewati pasangan ini,"Betapa buruk akhlaknya dan alangkah baiknya jika si lelaki seperti diriku ini".
Ketika sebuah perahu penyeberangan yang di dekat mereka terbalik.Tujuh penumpangnya berteriak menggapai-gapai tersapu arus deras.Lelaki yang sedang berduaan dengan sigap meloncat ke dalam sungai.Dengan cekatan berenang ,dua demi dua penumpang berhaasil ditarik ditepi.Tinggal satu yang telah terhanyut,sang penolong kelelahan untuk mengejarnya ke dalam pusaran.
Begitu naik ke darat,dia mendekati Hasan Al Bashri:"Aku tahu tuan tadi menganggapku seorang yang buruk",ujarnya."Jika tuan memang lebih baik dariku,coba selamatkan seorang yang gagal ku tolang itu!".
Sang imam menggeleng malu,merasa tak mampu."Tuan hanya diminta menyelamatkan satu.Aku sudah menolong 6 orang bukan?"Beliau mengangguk dan minta maaf.
"Tuan ketahuilah,yang duduk bersamaku tadi adalah ibuku,dan botol yang tuan lihat itu sebenarnya hanya berisi air,bukan minuman memabukkan!".Air mata meleleh bersama ketertegunan sekaligus sesal mendalam Imam Hasan Bashri.
"Jika demikian",ujar beliau,"Sebagaimana telah kau selamatkan 6 orang tadi dari bahaya tenggelam,maka selamatka aku dari bahaya tenggelam dalam ke ujuban dan ke takkaburan"."Amin".ujar si pemuda"Semoga Allah selalu memberikan taufiqNya kepadamu".
Sejak saat itu Imam Hasan Al Bashri dikenal dengan ungkapannya yang mashyur:"Seorang zuhud adalah insan yang setiap kali berjumpa dengan sesama,dia berkata kepada dirinya,orang ini lebih baik dari saya."
Masya Allah demikian indah dan mulianya bila seseorang menganggap dirinya lemah dan hina,sehingga terlepas dari sifat takabbur.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *