Sunday, October 29, 2017

Nikmatilah memang beginilah dunia

     kita saat ini berada dalam kehidupan dunia.Alam ketiga dalam fase kehidupan manusia.Sebelumnya,manusia berada di alam ruh,lalu ruh tersebut ditiupkan ke alam rahim,lalu lahirlah kita ke alam dunia.Setelah didunia,kita akan menuju fase berikutnya,yaitu alam kubur dan alam akhirat.
     Masing-masing fase memiliki karakter dan tabiat.Satu dengan yang lain berbeda-beda.Di alam ruh,manusia berada dalam ketundukan penuh kepada Allah.Mereka merasakan ketenangan dalam ketaatan.Tidak ada pembangkangan yang menyebabkan mereka jauh dari Allah.Allah berfirman,"Dan (ingatlah),ketika Tuhanmu mengeluarkan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman).'Bukankah Aku ini Tuhanmu?'Mereka menjawab,'Betul(Engkau Tuhan kami),kami menjadi saksi." (QS. Al-Araaf :172)
     Dari ayat tersebut,kita bisa membayangkan bahwa,konon pada suatu masa,kita berada dijarak yang sangat dekat dengan Allah,bahkan memandangNya.Hanya saja,sebagai bentuk ujian iman,memori itu dihapus sejak kita hadir didunia.
     Di alam rahim,ruh mulai menyatu dengan jasad yang memiliki kecenderungan syahwat dan bercampur dengan ruh yang sudah mengenal Tuhannya.Di alam rahim,tidak ada dampak kehidupan berarti kecuali sekedar fase pembentukan fisik.Mulai dari segumpal darah,segumpal daging,lalu membentuk berbagai indra.
     Di alam kubur dan alam akhirat,adalah alam dimana manusia memanen hasil usahanya didunia.Bila yang ia lakukan baik,maka baiklah keadaan kubur dan akhiratnya.Demikian pula sebaliknya.Di surga,mereka bisa menikmati segala macam kesenangan yang tak terbayangkan sebelumnya.Selama-lamanya dan tidak pernah ada susah dan sedih sedikit pun.Juga sebaliknya,di neraka mereka sengsara dan disiksa selama-lamanya tanpa ada kebahagiaan sedikit pun.
     Alam dunia berbeda dengan alam lainnya.Ia bukan surga sehingga tidak mungkin manusia bisa bahagia dan senang terus-menerus didalamnya.Ia juga bukan neraka sehingga tidak mungkin ia menderita terus-menerus tanpa ada sedikitpun kesenangan.Dunia adalah tempat dimana kesusahan dan kesenangan menjadi satu,tempat suka dan duka berkumpul,tempat kehinaan dan kemuliaan membaur,kedzaliman dan keadilan saling mengalahkan.
Dunia adalah tempat manusia memiliki kebebasan memilih,menjadi baik atau buruk.Lalu setiap pilihan akan berimplikasi pada dirinya dan orang lain.Orang lain bisa senang,bisa juga tidak senang.Jangankan berbuat jelek,berbuat baik sekalipun,kita bisa dibenci.Orang lain bebas memilih perbuatannya,kita sendiri juga bebas memilih sikap.
     Karena kebebasan itulah,setiap orang yang hidup didunia pasti akan menemui keadaan dimana ia akan merasakan kesukaan dan kebencian,senang dan sedih,lapang dan sempit  

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *