Friday, October 6, 2017

Cara Rasul mengkonsumsi makanan

      Dalam hal mengkonsumsi makanan,Nabi menawarkan tips atau etikanya,diantaranya :
1. Sebelum makan hendaknya membaca bismillah.Rasulullah saw bersabda "Sesungguhnya setan menginginkan agar makanan itu dimakan tanpa bacaan bismillah."(HR.Muslim)
2. Biasakanlah mengkonsumsi makanan menggunakan tangan kanan "Apabila seseorang makan,maka makanlah dengan tangan kanan,dan apabila minum minumlah dengan tangan kanan,karena setan makan dan minum dengan tangan kiri."(HR.Muslim)
3. Bila makan sebaiknya anda duduk.Kata nabi:"Sesungguhnya aku ini adalah hamba yang makan sebagaimana hamba yang lainmakan dan aku duduk sebagaimana hamba lain duduk."(HR.Abdurrazaq)
4. Jangan mengkonsumsi makanan yang masih panas,sebab sabda Nabi saw:"Sesungguhnya makanan yang masih panas tidak mempunyai berkah.Dan sesungguhnya Allah tidak memberikan api kepada kita,maka dinginkanlah makanan itu."(HR.Baihaqi dari Abu Hurairah)
5. Rasulullah biasa makan dengan tiga jarinya,terkadang dengan empat jari.Beliau tidak tidak pernah makan dengan dua jari."Sesungguhnya yang demikian itu (makan dengan dua jari) adalah cara makan setan."(HR.Daruquthni)
6. Bila anda makan,sebaiknya mengambil makanan sisa dipiring dengan jari-jari.Sabda Nabi :"Makanan yang terakhir adalah yang banyak berkahnya."(HR.Al-Bazzar dan Thabrani)
7. Nabi juga biasa menjilati jari jemari dan piring selepas makan,hingga jari-jarinya nampak merah.Dalam sebuah hadist disebutkan;"Apabila seseorang selesai makan,maka janganlah dia membersihkan tangannya sebelum mengulumnya."(HR.Muslim)
Demikianlah adab mengkonsumsi makanan menurut Rasulullah saw.Semoga dengan mengikuti beliau,kita mendapatkan pahala sunnahnya dan keberkahan dari Allah swt.


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *