Thursday, October 12, 2017

Kemurnian dan kesucian Al-Qur'an

Al-Qur'an secara bahasa berarti "bacaan".Al-Qur'an menurut istilah adalah kalam atau firman Allah berupa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw malalui malaikat jibril.yang membacanya termasuk ibadah.
Al-Qur'an benar-benar wahyu Allah swt,bukan ucapan Nabi Muhammad saw.Beberapa bukti bahwa Al-Qur'an adalah wahyu Allah sebagai berikut:
1. Al-Qur'an baik isi maupun keindahan bahasanya tidak dapat ditiru siapapun,apalagi dikalahkan.Allah berfirman:"Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur'an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad),buatlah satu surah (saja) yang semisal Al-Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah,jika kamu memamng orang-orang yang benar." (QS.Al-Baqarah 2:23)
Tantangan Allah itu telah berjalan sejak empat belas abad lebih yang lalu,tetapi hingga sekarang tak ada seorang pun yang mampu membuat tulisan yang menandingi Al-Qur'an.Dengan demikian,ucapan orang-orang yang tidak suka dengan islam yang mengatakan bahwa Al-Qur'an itu buatan Nabi Muhammad saw jelas-jelas tidak dapat dibenarkan.
2. Al-Qur'an menjelaskan beberapa ramalan tentang peristiwa-peeristiwa yang belum terjadi,tetapi kemudian ramalan itu benar-benar terbukti.Misalnya,ramalan Al-Qur'an tentang kemenangan akhir Romawi dalam peprangan melawan Persia.
3. Dalam Al-Qur'an,banyak terdapat ayat-ayat yang bernuansa ilmiah,yaitu ayat-ayat yang mengandung keterangan-keterangan tentang ilmu pengetahuan.Keterangan-keterangan itu ternyata tidak menyimpang dengan ilmu pengetahuan kontemporer.Misalnya,tentang tiga tahapan bayi dalam rahim,orang yang sesak dada ketika naik ke angkasa,asal kejadian manusia,dan sebagainya.
Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.hal itu mengandung hikmah dan muatan pendidikan yang luar biasa.Misalnya,Al-Qur'an mudah dimengerti,dihafal,dan mudah dilaksanakan.Selain itu,beberapa ayat diturunkan sebagai reaksi atau jawaban atas masalah yang dihadapi Nabi Muhammad saw dan umat islam pada waktu itu.
Al-Qur'an sebagai kitab suci umat islam begitu terjaga kemurniannya dan ia menjadi pegangan dan pedoman hidup umat islam.Tidak ada seorangpun yang mampu mengubah Al-Qur'an,walau hanya satu huruf atau satu harakat.Allah sendiri menjamin kemurnian itu seperti firman-Nya:
"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an,dan sesungguhnya Kami benar-beanr memeliharanya." (QS.Al-Hijr 15:9)
Bagi umat islam Al-Qur'an bukan sekedar bacaan yang mendatangkan pahala,tetapi lebih dari itu adalah pedoman hidup yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.Dengan mengamalkan Al-Qur'an,kita akan memperoleh kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat.Allah berfirman:
"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya,petunjuk bagi mereka yang bertaqwa." (QS.Al-Baqarah 2:2)


 

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *